Webinar "5G and Beyond 5G : Next Generation Network Ecosystem.”



Purwakarta – Webinar 5G and Beyond 5G : Next Generation Network Ecosystem ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Profesi dan Kejuruan HMST (Himpunan Mahasiswa Sistem Telekomunikasi) UPI Kampus Purwakarta. Tujuan dari kegiatan webinar ini adalah agar peserta dapat mengetahui apa itu ekosistem pada Jaringan 5G, meningkatkan rasa minat untuk menjadi seorang yang ahli di bidang Network Engineering pada Jaringan 5G, dan termotivasi untuk mempelajari Jaringan 5G.

Webinar ini dilaksanakan secara daring menggunakan Zoom Meeting pada hari Sabtu, 13 Agustus 2022. Jumlah partisipan dari webinar ini adalah 108 orang peserta dan dibantu oleh 28 orang panitia. Kegiatan webinar ini mendatangkan Narasumber yang sangat luar biasa, yaitu Denny Kusuma Hendraningrat, S.T., M.Eng. Beliau merupakan Independent Commissioner dari PT. Mahavira Cakra Indonesia.

Peserta webinar ini tidak hanya terdiri dari Mahasiswa Sistem Telekomunikasi saja, melainkan terbuka untuk umum. Adapun rangkaian acara dari kegiatan ini terdiri dari Laporan Ketua Pelaksana, sambutan-sambutan, dan juga terdapat games yang membuat acara semakin meriah dan peserta semakin antusias dalam mengikuti webinar ini.

Beberapa rangkuman materi dari kegiatan Webinar 5G and Beyond 5G : Next Generation Network Ecosystem :

  • Perkembangan teknologi saat ini dari 1G, 2G pada tahun 90-an, lalu 3G dan 4G yang banyak digunakan.
  • Perubahan 4G ke 5G pada kisaran tahun 2021-2023 dapat menimbulkan kenaikan ekonomi Indonesia di 2030 sekaligus membuka banyak peluang pekerjaan dan peningkatan produktivitas.
  • Perubahan 4G ke 5G meningkatkan dari segi Latency, Data Traffic, Peak Data Routes, Available Spectrum dan Connection Desnsity. 
  • Korea sudah menerapkan 5G sejak awal 2020.
  • Di tahun 2035, 5G dapat berkontribusi di Industri Global dan akan memunculkan pekerjaan-pekerjaan baru.
  • Task Force 5G di Indonesia:

1.      Business Model

2.      Infrastructur

3.      Device and Ecosystem

4.       Regulation

5.      Spectrum plan

  • 5G dapat meningkatkan banyak bidang terutama Manufacturing, Energy, dst.
  • Perusahaan yang sudah menerapkan ecosystem 5G : PT. Indolakto, Akebono, Pupuk Kaltim.
  • Virtual Reality: Merasakan dunia virtual di dunia nyata.
  • Mixed Reality: Memasukan dunia nyata ke virtual [Contoh: Pokemon GO Apps].
  • Augmented Reality: Menampilkan dunia virtual ke dunia maya [Contoh: Hologram].
  • Kapabilitas 5G : Enhanced Mobile Broadband.
  • Pemerintah membuat training untuk pengenalan awal di Era 5G.
  • Semua ekosistem tidak akan jalan apabila kelima unsur ini tidak berjalan :

1.      Pemerintah

2.      Akademik

3.      Media

4.      Komunitas

5.      Pembisnis

  •     5G sangat memperhatikan security nya.

Dengan diadakannya Webinar 5G and Beyond 5G : Next Generation Network Ecosystem ini dapat menambah insight baru mengenai ekosistem 5G, menarik minat peserta untuk lebih mempelajari mengenai 5G dan juga menjadi seorang yang ahli di bidang Network Engineering. Kegiatan webinar ini juga dapat memberikan manfaat dalam menambah relasi dan pengalaman untuk para peserta.


1 Komentar

  1. Rhode Island is a member of the early-adopter states, as the first retail sportsbook within the Ocean State opened in 2018. In-person 카지노사이트 sports betting options are available now at each of the casinos within the state. North Dakota sports betting occupies the identical authorized area because it does in New Mexico. There is no regulation on the books to allow for sports betting to proceed. However, a number of} of the federally-recognized tribal teams within the state have provided onsite sports wagering on their tribal lands by arguing that their compacts with the state permit them to do so. So far, there was no major pushback from state authorities on this point.

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama